Sabtu, 15 Maret 2014

solusi analisis regresi berganda bila asumsi tidak normalitas

pada analisis regresi linier berganda, asumsi normalitas merupakan asumsi pokok agar model regresi yang terbentuk bisa diterima dan mempunyai hubungan kausalitas linier. maka dari itu asumsi normalitas harus dan wajib dipenuhi. Asumsi normalitas adalah menguji bahwa residual dari regresi yang terbentuk merupakan berdistribusi normal.
Namun adakalanya asumsi ini tidak terpenuhi dari data-data yang didapat akibatnya model tidak bisa dipakai karena tidak memenuhi syarat BLUE (Best Linier Unbias Estimation) alias estimasi linier tak bias terbaik, karena model regresinya tidak linier. untuk itu berlu adanya penanganan khusus.
Penyebab uji normalitas tidak terpenuhi.
Untuk uji normalitas regresi dengan software SPSS saya biasa dan merekomendasikan menggunakan uji K-S (kolmogorov-Smirnov) karena mudah, dan cepat.
Ada beberapa penyebab mengaja uji normaitas regresi tidak terpenuhi , kita akn bahas satu-satu dan solusinya.

  1. salah uji, untuk pemula kadang ketika menguji normlitas yang diuji malah data variabel X atau Y , padahal asumsi normalitas di sini adalah untuk meguji residual maka wajar bila gagal. walaupun ujinya diterima dan terpenuhi berdistribusi normal tetap saja salah karena menyalahi teori. terkadang untuk peneliti pemula hal ini masih terjadi. Untuk masalah ini, solusinya sudah jelas adalah memperbaiki cara pengujian.
  2. Kesalahan kedua adalah karena adanya data residual yang mengganggu. dalam hal ini sebetulnya residual yang diuji sudah mengikuti distribusi normal hanya saja karena data beberapa data outlier yang terlalu ekstrim  sehingga mengganggu hasil uji normalitas.
  3.  Ketiga, adalah karena memang residual tidak berdistribusi normal. hal ini biasanya karena memang model linier tidak cocok untuk data sampel yang ada. misalnya data variabel dependen (Y) ternyata hanya berisi 2 atau 3 nilai saja sehingga lebih cocok menggunakan model regresi logistik dibanding regresi linier berganda.
di sini saya tidak membahas panjang lebar solusi asumsi normalitas yang tidak terpenuhi walaupun judul postingnya ada kata-kata solusi, karena saya disini menawarkan  jasa pengolahan  analisis regresi linier berganda bagi anda yang baru belajar atau terjadi masalah dalam analisisnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : solusi analisis regresi berganda bila asumsi tidak normalitas